Penangkal Petir Elektrostatis Penangkal Petir Modern

Setelah beberapa waktu lalu BangPetir posting tentang Penangkal Petir Konvensional. Di postingan kali ini akan membahas tentang penangkal petir modern yaitu penangkal petir elektrostatis atau penangkal petir radius. Penangkal petir elektrostatis banyak dipergunakan atau diterapkan di pabrik-pabrik atau kawasan industri. Cara kerja penangkal petir konvensional dan penangkal petir radius atau elektrostatis berbeda. Penangkal petir elektrostatis adalah penangkal petir aktif yang bisa menyalurkan sambaran petir (menangkal petir) dengan jangkauan radius yang lebih luas. Kenapa dikatakan sebagai penangkal petir aktif? karena penangkal petir elektrostatis mengeluarkan muatan listrik yang akan memancing petir atau mengarahkan petir untuk selalu menyambar ke arah penangkal petir. Dengan demikian sambaran petir lebih terarah tidak akan menyambar daerah, bangunan atau gedung yang masih dalam jangkauan radius penangkal petir.

Secara garis besar prinsip kerja penangkal petir elektrostatis meniru dari teknologi penangkal petir sebelumnya yaitu penangkal petir radio aktif yaitu menghasilkan muatan pada ujung finial / splitzen sehingga bisa mengarahkan petir agar selalu menyambar ke arah penangkal petir. Perbedaan penangkal petir radio aktif dengan penangkal petir elektrostatis dari energi yang dipergunakan untuk menghasilkan muatan listrik. Penangkal petir radio aktif muatan dihasilkan dari proses hamburan zat radio aktif. Karena menggunakan zat radio aktif bisa merusaka lingkungan, teknologi penangkal petir dengan radio aktif sudah ditinggalkan. Penggantinya adalah penangkal petir elektrostatis yang menghasilkan muatan dari  energi listrik awan saat menginduksi bumi.

penagkal petir elektrostatis sertifikat SNI


Secara garis besar penangkal petir yang baik memiliki kreteria sebagai berikut:
  • Menetralkan muataan di awan untuk mencegah terjadinya sambaran petir ke bumi.
  • Menyediakan system penerimaan (Air Terminal Unit) sehingga sambaran petir bisa diarahkan ke penangkal petir saja.
  • Menyalurkan arus listrik dari sambaran petir ke bumi dengan baik sehingga mengurangi loncatan arus listrik ke sekitarnya.
  • Memiliki ground system yang baik yang baik agar arus listrik dari petir sepenuhnya bisa diserap oleh tanah. Jika diukur resitensi tanah harus kurang dari 5 Ohm, lebih bagus lagi jika kurang dari 3 Ohm.
  • Material yang dipergunakan sesuai standard SNI, tahan korosi agar dalam penggunaan jangka panjang system penangkal petir yang dipergunakan masih bisa berhalan normal.
Harga penangkal petir elektrostatis/penangkal petir radius/penangkal petir aktif untuk wilayah yang luas relatif lebih hemat dibandingkan dengan penangkal petir konvensional, berikut kelebihan penangkal petir elektrostatis :
  1. Dapat bertindak sebagai pencegah timbulnya petir sehingga peralatan elektronik lebih aman.
  2. Jangkau perlindungan lebih luas dapat menjangkau area perlindungan sekitar 50-150 m.
  3. Cukup satu air terminal untuk radius tertentu.
  4. Biasanya hanya membutuhkan satu grounding saja
  5. Pemasangan yang tidak mengganggu atau merusak bangunan
  6. Tidak mengurangi estetika bangunan.
  7. Lebih mudah dalam hal perawatan.
Demikian sedikit informasi tentang penangkal petir elektrostatis semoga berguna buat anda. Jika anda berencana menggunakan system penangkal petir elektrosatis sebainya serahkan pada ahlinya yang bergerak dalam bidang ini agar system penangkal petir yang akan dibangun sesuai standard dengan hasil yang baik.