Listrik Menurut Ilmu Pengetahuan

Menurut ilmu pengetahuan listrik terdiri dari dua muatan yaitu muatan negatif dan muatan positif. Pada dasarnya sebuah benda akan selalu bersifat netral yaitu memiliki jumlah muatan negatif dan positif yang sama.Sebuah benda memiliki energi listrik jika kandungan muatan negati dan positifnya berbeda. Muatan suatu benda yang bisa berpindah adalah muatan negatif. Muatan negatip pada suatu berpindah dengan bantuan energi lain misal energi panas, gerak,gesek dan lain-lain. Perpindahan muatan negatif ini yang disebut dengan energi listrik.

Istilah-istilah dalam Listrik

  1. Arus Listrik adalah nilai atau jumlah besarnya aliran muatan listrik yang berpindah dari satu titik ke titik yang lain dalam sebuah satuan waktu. Ukuran arus listrik adalah Ampere dimana 1 Ampere adalah aliran muatan listrik dalam 1 Coloumb per detik. Simbol arus listrik yaitu huruf I yang berasal dari kata Intensite dari bahasa Perancis yang artinya intensitas.
  2. Tegangan Listrik dihitung dalam satuan Volt yaitu perbedaan potensial listrik pada dua titik dalam sebuah rangkain listrik.
  3. Arus DC adalah arus yang mengalir searah dari sebuah titik dengan poetial tinggi ke titik yang memiliki potensial rendah, Contoh energi listrik yang mengalirkan arus DC seperti pada batterai, Accu dan lain-lain.
  4. Arus AC adalah aliran arus listrik yang berubah-ubah arahnya contohnya adalah listrik PLN.
  5. Penghantar listrik (konduktor) adalah benda yang bisa dialiri listrik atau menghantarkan listrik. Tembaga adalah jenis logam yang dapat menghantarkan listrik dengan baik.
  6. Isolator adalah benda yang tidak bisa menghantarkan arus listrik misalnya karet, plastik dan lain-lain.
  7. Pembangkit listrik adalah alat yang dapat membuat energi listrik dari energi lain misalnya merubah energi angin menjadi energi listrik, merubah energi air menjadi energi listrik  dan lain-lain.

Teori listrik hubungannya dengan petir
Contoh pembangkit listrik

Beberapa istilah-istilah tadi sering terdengar atau diucapkan ketika kita berhubungan dengan masalah ke listrikan. Selain istilah-istilah diatas masih banyak lagi istilah kelistrikan yang sering dipergunakan yang terkadang kita jarang atau baru mendengarnya. Semoga artikel ini sedikit bisa menambah wawasan anda tentang listrik yang setiap hari anda pergunakan energinya.