Penemu Penangkal Petir

Dunia dan khususnya Amerika mengenal Benjamin Franklin (17 Januari 1706 – 17 April 1790) sebagai seorang politikus dan ilmuawan yang karya-karyanya berjasa bagi peradaban manusia. Salah satu kata mutiara milik Benjamin Franklin yang hingga kini populer dan banyak dikutip yaitu "waktu adalah uang". Bagi warga Amerika sosok Benjamin Franklin dikenal sebagai Bapak Revolusi Amerika. Sebagai ilmuwan Benjamin Franklin dikenal dan diakui dunia sebagai penemu Penangkal Petir.

Menurut Benjamin Franklin berdasarkan penelitian yang telah dilakukan Petir memiliki persamaan dengan Listrik. Listrik dan petir memiliki persamaan dalam hal cahaya, bunyi, arah aliran, energi dan lain-lain. Berdasakan penelitiannya itu muatan listrik menurut Benjamin terdiri dari muatan negatif dan muatan positif. Karena Petir dan Listrik memeiliki persamaan, dalam benak Benjamin Franklin terinspirasi untuk membuat alat yang bisa melindungi manusia, gedung dan lain-lain dari kerusakan akibat terkena petir.

Setelah beberapa kali melakukan uji coba alat yang bisa menangkal petir akhirnya dibuatlah alat penangkal petir yang terbuat dari besi sepanjang 10 kaki dengan ujung atas yang menghadap ke awan dibuat runcing. Dengan ujung besi yang demikian menurutnya akan lebih mudah menarik atau menangkap listrik dari awan yang kemudian akan dialirkan ke bumi (tanah). Sehingga tidak terjadi kerusakan jika petir menyambar.

penangkal petir konvensional


Oleh Franklin, penagkal petir temuannya itu dinamakan penangkal petir Franklin rod