Penangkal Petir Untuk Lapangan Golf

Sudah sering kita mendengar kabar berita tentang pemain golf yang tersambar petir saat sedang bermain golf. Seperti yang terjadi pada atlet golf asal Singapura. Soh Lye Huat yang sempat koma karena tersambar petir. Cuaca yang berubah sangat cepat, dari cerah kemudian langsung mendung dan hujan terkadang para pemain golf belum "sempat" berlindung ke tempat yang aman. Sambaran petir bisa terjadi pada sebuah lapangan yang luas seperti lapangan golf. Petir akan menyambar bagian yang tertinggi dari sebuah lapangan tidak perduli itu manusia, pohon atau tiang. Mungkin saja saat petir menyambar atlet golf, karena atlet itu merupakan bagian yang paling tinggi di lapangan golf tadi.

Untuk mengurangi efek atau bahaya sambaran petir di lapangan golf harus dipasang penangkal petir. Lapangan golf modern menempatkan penangkal petir sebagai sesuatu yang tidak terpisahkan dari sebuah lapangan golf. Design instalasi penangkal petir pada sebuah lapangan golf dibuat sedemikian rupa. Saat perancangan diperlukan juga masukan dari atlet golf agar design yang dihasilkan sesuai dengan kondisi di lapangan. Mengingat pentingnya penangkal petir pada sebuah lapangan golf, United States Golf Association (USGA) atau asosiasi golf Amerika membuat panduan khusus untuk sistem penangkal petir bagi semua lapangan golf yang berada di Amerika. Standard USGA kini sudah diadopsi juga oleh lapangan-lapangan golf yang berada di tanah air.



Jenis penangkal petir yang cocok untuk diterapkan pada sebuah lapangan golf adalah penangkal petir elektrostatis atau penangkal petir radius. Dipasaran beredar berbagai merek penangkal petir elektrostatis/radius yang bisa anda pilih. Karakteristik penagkal petir ini sangat cocok untuk mengcover area lapangan golf yang sangat luas. Selain dengan pemasangan penangkal petir pengelola lapangan golf biasanya juga mempunyai perangkat detektor petir untuk melindungai pemain golf dan staffnya saat berada di lapangan. Detektor petir ini adalah sebuah alat yang bisa memberikan peringatan dini jika akan terjadi badai petir dalam waktu dekat.

Dengan dua perangkat tadi pengelola lapangan golf berikhtiar meminimalisir bahaya sambaran petir yang terjadi saat berada di lapangan. Jika anda awam dalam hal ini minta bantuan jasa atau vendor professional yang bergerak dalam bidang penangkal petir khususnya di lapangan golf.